Nama :
Muhammad Taufiq Kurniawan
NPM :
57414565
Kelas :
3IA22
Mata Kuliah :
Pengantar Teknologi Game #
Nama Dosen :
Rifki Amalia
Tugas :
Penulisan 3
DESAIN
SKENARIO DAN SKRIP
Desain atau Design merupakan perencanaan dalam
pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Desain merupakan sebuah
konsep tentang sesuatu. Seorang perancang atau orang yang mendesain sesuatu
disebut desainer, namun desainer lebih lekat kaitannya dengan profesional yang
bekerja dilingkup desain yang bekerja untuk merancang sesuatu yang
menggabungkan atau bereksplorasi dalam hal estetika dan teknologi. Penggunaan
istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong
untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih
berbaur dengan seni dan kriya.
Pada
dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekspresi murni yang
cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan
desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni
dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi
dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain
tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang
teknologi, rekayasa dan lain-lain. Dalam membuat sebuah desain semua berawal
dari minat sang desainer(perancang) untuk memilih menciptakan ilustrasi berupa
foto, gambar, tulisan atau biasa di sebut dengan sketsa.
Desain
Skenario
Skenario adalah urutan cerita yang
disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang
diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar
untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario
game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan
skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat.
Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian –
kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior,
dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada
ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di
sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens
linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents
adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game
yang direncanakan.
Konsep seharusnya berguna untuk
memberikan gambaran garis besar tentang cerita, prinsip-prinsip mekanisme game,
dan titik berat untuk gameplay. Karena itu konsep mencakup prinsip-prinsip
dasar, gaya game, kerangka peraturan, sinopsis cerita, karakteristik game,
contoh misi, atau situasi-situasi dalam game dan bisa juga diferensiasi
perangkat pengguna atau ada efek-efek khusus serta akhirnya unsur-unsur
spesifik yang menjadi andalan pencipta. Dalam penutup sinopsis seharusnya
dicantumkan daftar unsur yang unik dan orisinil serta faktor-faktor yang bisa
dijadikan daya jual tinggi bagi judul tersebut.
Dokumen ini tidak baku, selama
pengembangan bisa dimodifikasi atau diperbarui. Itu tidak berarti bahwa design
document tidak perlu dibuat lengkap dan serius. Seperti dalam kalimat pembuka,
semuanya perlu dipertimbangkan dan direncanakan dengan teliti, kalau tidak,
pekerjaan tim bisa mengalami banyak masalah. Apasaja yang tidak direncanakan
dengan baik akan menyebabkan kerugian waktu dan biaya dalam pelaksanaan proyek.
Tentu saja tidak segalanya bisa direncanakan sebelumnya, tetapi menurut teori
80/20, sekitar 80% pekerjaan bisa berjalan sesuai rencana.
Tidak ada patokan umum apa saja yang
harus menjadi bagian design documents, karena ada banyak perbedaan tergantung
proyeknya. Tetapi dalam satu hal semua dokumen sama, harus mendeskripsikan game
secara kompleks maupun mendetail. Setelah membaca design document, anda
seharusnya memiliki gambaran lengkap tentang produk akhir. Salah satu dokumen
biasanya menjelaskan mekanisme game. Sebagai bagiannya, misalkan untuk RPG dan
strategi, adalah peraturan yang menentukan dan mendiskripsi tipe objek dalam
game berikut karakteristik serta hubungan interaktifnya.
Bagian lain membahas penerapan hukum
fisika dalam dunia game dalam arti luas, misalkan kekuatan alam yang dapat
diterapkan dan bagaimana reaksi objek-objek dalam game. Ada deskripsi lokasi
secara lisan maupun dalam sketsa, skenario cerita, bisa disebutkan diferensiasi
perangkat pengguna. Dan sebaiknya ada daftar monster (untuk RPG fantasi) atau
daftar pasukan (untuk strategi). Singkatnya, dalam struktur dokumen-dokumen ini
seharusnya terdapat seluruh materi yang mencakup seluruh aspek game. Baru
berdasarkan design documents yang lengkap bisa ditulis spesifikasi untuk
rancangan engine atau modifikasi engine yang sudah ada, dan rencana produksi.
Bagian akhir dari design documents adalah catatan-catatan desainer game, di
mana dicantumkan misalnya ide-ide susulan atau perubahan yang dilakukan
berdasarkan hasil tes, dan seterusnya.
Script
Dalam pemrograman komputer, naskah
adalah sebuah program atau urutan instruksi yang ditafsirkan atau
dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer prossesor. Skrip
(script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih
rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip biasanya disisipkan
ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh
bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.
Contohnya ialah penyisipan skrip
assembly ke dalam program Pascal untuk mengakses hardware pada level bahasa tingkat
rendah. Skrip merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk
di-compile.
1. Script adalah bahasa yang digunakan
untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.
2. Jenis script sangat menentukan statis,
dinamis, atau interaktifnya sebuah situs
3. Semakin banyak script yang digunakan
maka akan terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
4. Bahasa dasar yang di pakai setiap situs
adalah HTM
5. Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java
Script, Java Applets, VBScript.
Sumber :
http://vanillabluse.blogspot.co.id/2016/03/penjelasan-tentang-desain-skenario.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar